SATUAN ACARA PENYULUHAN
Topik : Kesehatan Reproduksi
Pokok Bahasan : Menstruasi
pada remaja
Sasaran : Keluarga yang mempunyai anak remaja
Jumlah Peserta : 3 orang
(Suami dan Istri dan anak remaja)
Hari / tanggal : Rabu,
18 Januari 2006
Waktu : 1 x 30 menit
Tempat : Rumah Tn Agus
Penyuluh : Yuni Astuti G2A002094 (Mahasiswa Semester
VII PSIK Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah
Semarang.
A. Tahap Identifikasi
1. Analisa Kebutuhan
Keluarga diharapkan mampu
memahami tentang konsep menstruasi yang dialami remaja dengan benar sehingga
keluarga dapat menyikapi tentang proses menstruasi secara positif.
2. Karakteristik Peserta
a.
Keluarga yang mempunyai anak remaja
b.
Latarbelakang pendidikan keluarga SMA dan mampu
berbahasa Indonesia
dan anaknya sekolah kelas 1 SMP.
c.
Keluarga
mampu melihat dan mendengar dengan baik.
d.
Usia
remaja 13 tahun
e.
Jumlah
peserta 3 orang
f.
Tingkat
motivasi relatif sama
g.
Belum
pernah mendapatkan pengajaran tentang konsep menstruasi
B. Tahap Pengembangan
1. Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti kegiatan
penyuluhan, keluarga mampu memahami tentang konsep menstruasi dengan benar.
2. Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti kegiatan
penyuluhan selama 1 x 30 menit, keluarga
diharapkan mampu
a.
Menjelaskan
tentang pengertian menstruasi dengan benar dan tanpa kesalahan
b.
Menjelaskan
tentang siklus haid normal dengan benar dan tanpa kesalahan
c.
Menjelaskan
hormon yang berpengaruh dalam haid dengan benar dan tanpa kesalahan
d.
Menjelaskan
tentang gangguan haid dengan benar dan tanpa kesalahan
e.
Menjelaskan
pada keluarga bila mengalami masalah menstruasi pada anak remajanya
3. Materi Pengajaran
a.
Pengertian menstruasi
b.
Siklus Haid Normal
c.
Hormon yang berpengaruh dalam Haid
d.
Gangguan Haid
e.
Tindakan
4. Metode
a.
Ceramah
b.
Tanya
jawab
5. Media
a.
Lembar
balik
6. Kegiatan Penyuluhan
No
|
Tahapan
/ waktu
|
Kegiatan penyuluhan
|
Kegiatan keluarga
|
1
|
Pembukaan
(5 menit)
|
1. Mengucapkan salam
2. Memperkenalkan diri
3. Kontrak waktu
4. Menjelaskan tujuan
instruksional
5. Menggali pengetahuan keluarga tentang
konsep menstruasi
|
1. Menjawab salam
2. Mendengarkan.
3. Menyetujui
4. Mendengarkan dan memperhatikan
5. Menjawab.
|
2
|
Kegiatan Inti
( 20 menit )
|
1. Menjelaskan tentang pengertian
menstruasi
2. Menjelaskan tentang siklus haid normal
3. Beri kesempatan keluarga untuk bertanya
4. Menjelaskan hormon yang berpengaruh
dalam haid
5. Menjelaskan tentang gangguan haid
6. Beri kesempatan keluarga untuk bertanya
7. Menjelaskan pada keluarga bila mengalami
masalah menstruasi pada anak remajanya
|
1. Mendengarkan dan memperhatikan.
2. Mendengarkan dan memperhatikan
3. Tidak bertanya
4. Mendengarkan dan memperhatikan.
5. Mendengarkan dan memperhatikan.
6. Bertanya
7. Mendengarkan dan memperhatikan
|
3
|
Penutup
(5 menit)
|
1. Merangkum materi yang sedang dijelaskan.
2. Melakukan evaluasi kepada keluarga
tentang materi yang dijelaskan
3. Salam penutup
|
1. Menjawab
2. Mendengarkan
3. Menjawab Salam.
|
7. Metode Evaluasi
Pertanyaan
Lisan
a.
Apa pengertian menstruasi ?
b.
Apa
yang dimaksud siklus Haid Normal ?
c.
Hormon
apa yang berpengaruh dalam Haid ?
d.
Sebutkan Gangguan Haid !
e.
Tindakan apa yang diambil keluarga bila anaknya
mengalami gangguan haid ?
8. Sumber Pustaka
Wiknjosatro
Hanifa, Saifuddin, Rachimhadhi, (1999), Ilmu
Kebidanan, Jakarta, Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
Waspodo
Djoko, Saifuddin Abdul Bari, Wiknjosatro Hanifa, (2002), Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, Jakarta, Yayasan Bina
Pustaka Sarwono Prawirohardjo
Saifuddin
Abdul Bari, Waspodo Djoko, Wiknjosatro
Hanifa, ( 2002), Buku Panduan Praktis
Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, Jakarta, Yayasan Bina Pustaka
Sarwono Prawirohardjo
MATERI
A.
Pengertian menstruasi
Keluarnya darah merah dan tidak menggumpal secara berkala melalui vagina
dan mempengaruhi semua organ tubuh diantaranya perubahan pada alat kelamin
sekunder antara lain timbul rambut di pubis, ketiak dan pembesaran payudara
serta pantat.
B.
Siklus Haid Normal
Siklus haid normal 28 hari atau ditambah atau dikurangi dua sampai 3
hari. Siklus ini dapat berbeda-beda pada wanita yang normal dan sehat.
Siklus haid dikenal 3 masa utama yaitu
1. Masa haid selama dua sampai 8 hari
Pada waktu itu
endometrium dilepas sedangkan pengeluaran hormon-hormon ovarium paling rendah
(minimum)
2.
Masa Proliferasi
Endometrium tumbuh kembali
karena pengaruh hormon estrogen. Terjadi pada hari kedua belas dan keempat
belas
3.
Masa Ovulasi
Pecahnya folikel matang dalam
ovarium dan melepaskan ovum
4.
Masa Sekresi
Korpus rubrum menjadi korpus luteum yang mengeluarkan progesteron.
Pengaruh progesteron, endometrium menjadi tumbuh berkelok-kelok mulai
bersekresi dan mengeluarkan getah yang mengandung glikogen dan lemak.(Pematangan
jaringan Endometrium)
C.
Hormon yang berpengaruh dalam Haid
1.
Hormon hypothalamus (Gn RH)
2.
Hormon Hypofisis ( LH dan FSH)
D.
Gangguan Haid
1.
Haid tidak disertai ovulasi
2.
Terjadi penurunan fungsi ovarium
3.
Keganasan endometrium
4.
Lama Perdarahan
a.
Perdarahan lebih dari 7 hari disebut menorhagi
b.
Perdarahan kurang dari 3 hari Brakhimenorhe
c.
Spoting sebelum dan sesudah haid
d.
Tidak
menstruasi selama 3 bulan berturut-turut disebut amenore
5.
Kelainan Siklus
Normal 25-31 hari
a.
Kurang dari 25 hari disebut polimenorhe
b.
Lebih dari 31 hari disebut oligomenorhe
6.
Jumlah perdarahan
Normal ganti pembalut 2-5 pembalut
a.
Lebih dari 5 pembalut disebut hypermenorhe
b.
Kurang dari 2 disebut hypomenorhe
E.
Tindakan keluarga bila ada gangguan segera konsultasi
dengan petugas atau dokter kandungan terdekat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar